-->
News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Inilah hal yang di ungkapkan Ketua Dekranasda kab.Sukabumi saat kunjungan ke pedagang oleh2 di daerah ongkrak desa Pamuruyan

Inilah hal yang di ungkapkan Ketua Dekranasda kab.Sukabumi saat kunjungan ke pedagang oleh2 di daerah ongkrak desa Pamuruyan

Mahardikapos | Sukabumi


Pada hari kamis 20 Juni 2024 , para pelaku UMKM (pedagang oleh-oleh) yang ada di Kp Ongkrak, Desa Pamuruyan, Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi mendapat kunjungan dari Ketua Dekranasda Kabupaten Sukabumi, Hj Yani Jatnika Marwan.


Diketahui Para pedagang oleh-oleh tersebut menjadi binaan dari Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT) KUMKM Kabupaten Sukabumi dan DPC Asosiasi Pengusaha Mikro Kecil dan Menengah Mandiri Indonesia (APMIKIMMDO) Sukabumi Raya ,dengan jumlah gerai oleh-oleh tersebut saat ini mencapai 16 pedagang. 


Dalam hal ini PLUT KUMKM dan DPC APMIKIMMDO Sukabumi Raya membantu memfasilitasi pembuatan legalitas secara bertahap, serta membantu mereka terdaftar sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan.


Pada kunjungan kali ini , ketua Dekranasda Kabupaten Sukabumi, Hj Yani Jatnika Marwan memberikan pembinaan kepada para UKM yang berjualan disekitar Jalan Nasional III tepatnya di Kp Ongkrak, Desa Pamuruyan, Kecamatan Cibadak.


Ia pun mengungkapkan bahwasan nya Memang semua pedagang disini berada ditepi jalan , namun selama membangkitkan perekonomian masyarakat Sukabumi, Ia tetap mendukung, apalagi para pedagang juga siap mempromosikan produk-produk UMKM Kabupaten Sukabumi.


“Jadi tentunya kami ingin supaya ada penertiban izin dan sebagainya, apalagi niat dari mereka ingin mempromosikan produk Sukabumi, jadi Alhamdulillah UKM kita terfasilitasi,” ungkapnya.


Ia pun kedepannya akan menata, kemudian juga akan koordinasi kepada Ketua APMIKIMMDO, mengenai segala sesuatu yang perlu dibenahi oleh para pelaku UMKM dalam hal ini pedagang oleh-oleh yang merupakan binaan PLUT KUMKM dan DPC APMIKIMMDO Sukabumi Raya.


“Saya mengingatkan mereka karena bulan depan kita akan hajat besar yang akan diikuti oleh semua Bupati se- Indonesia dan akan datang kesini (Kabupaten Sukabumi -red). Jadi saya minta supaya mereka berbenah, kios dan dagangan ditata dengan baik, menjaga lingkungan sekitar kios yang bersih. Nanti ketika mereka akan pulang mau mampir kesini untuk membeli oleh-oleh khas Sukabumi,” tandasnya.


“Saya berharap kedepan mereka bisa terfasilitasi pusat oleh-oleh yang memang legal, berada di kawasan yang bisa seperti rest area atau pusat oleh-oleh yang ada fasilitas toilet dan sebagainya,” harapnya.


“Insya Allah mudah-mudahan mereka bisa meningkat terutama dalam penjualan mereka, keamanan mereka, kenyamanan mereka dan juga para konsumennya untuk bisa lebih nyaman dalam berbelanja,” pungkasnya.


Di kesempatan yang sama Kepala Bidang Pemberdayaan dan Pengembangan Usaha Mikro Kecil Menengah DKUKM Kabupaten Sukabumi, Virly Virliana mengatakan bahwa pihak dinas akan tindak lanjuti dari arahan ketua Dekranasda tersebut.


“Kami pihak dinas akan tindak lanjut ini sesuai dari arahan ibu ketua, kita akan bantu mereka sampai dengan selesai,” tegasnya singkat.


Ditemui terpisah, Ketua DPC APMIKIMMDO Sukabumi Raya Aam Abdul Salam menjelaskan, kunjungan yang dilakukan Ketua Dekranasda Kabupaten Sukabumi tersebut merupakan bentuk apresiasi dan kepeduliannya terhadap perkembangan dan kemajuan pelaku UMKM yang ada di Kabupaten Sukabumi.


“Ini bagus, sangat penting memang pelaku UMKM yang ada di berikan pembinaan seperti ini, agar usaha yang mereka geluti berkembang dan maju,” jelas Aam.


Dalam hal ini APMIKIMMDO ikut hadir memberikan pembinaan demi menguatkan dan memberikan pemahaman kepada para pelaku UMKM.


“Mereka kami berikan pendampingan berbagai aspek dalam memajukan usahanya, seperti legalitas usaha dalam pembuatan NIB, PIRT, Izin Halal, BPOM, bahkan di fasilitasi untuk perlindungannya dengan didaftarkan menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan,” tambah Aam.


Aam berharap, apa yang disampaikan Ketua Dekranasda dalam pembinaan nya tadi, semua pihak bisa melaksanakannya untuk kemajuan usaha bersama.


“Kami harap semua pihak, terutama para pedagang oleh-oleh yang sudah dibina tadi bisa melaksanakan amanat Ibu Ketua Dekranasda Hj Yani Jatnika Marwan, tentunya dengan pembinaan dan pendampingan dari PLUT dan APMIKIMMDO,” harapnya.


Berdasarkan pantauan, semua pelaku UMKM yang hadir bisa memahami apa yang disampaikan Ibu Hj Yani Jatnika Marwan dan akan mengikuti arahan serta petunjuk dari semua pihak.

(Red)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.