-->
News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Di Tengah Tengah Pandemi Dedi Ruslan Hadir Perkuat Pertahanan Perekonomian Sektor Perkebunan Kopi Di Garut

Di Tengah Tengah Pandemi Dedi Ruslan Hadir Perkuat Pertahanan Perekonomian Sektor Perkebunan Kopi Di Garut

 


Mahardikapos.Com Sukabumi -Garut bukan hanya terkenal dengan kuliner dodolnya, kota yang terkenal dengan julukan “Swiss Van Java” ini juga mempunyai kuliner khas yang mendunia.

Kopi garut adalah kuliner kekinian yang patut dibanggakan, pasalnya, cita rasa kopi Garut sudah tercium ke seantero negeri  bahkan mancanegara

“Pemasaran kopi kami sekarang sampai Timur Tengah dan Abu Dhabi, sedangkan yang lokal menyebar ke Jakarta, Jawa, Sumatera, Kalimantan dan NTB,” kata Kang Juanda, Ketua Komunitas Petani Kopi Garut Kidul.

Bagi yang bukan pecinta kopi mungkin sedikit terdengar asing karena kuliner kopi Garut bisa meretas jalan menuju pentas dunia.
Namun fakta ini tidak bisa disangkal karena nyatanya kopi Garut bisa membawa perubahan pada perekonomian petani kopi di Garut.

Apalagi kopi semakin digandrungi oleh generasi milenial, hal ini pula yang mendorong pengusaha nasional Dedi Ruslan meluncur ke Garut menemui Kang Juanda.

Dedi Ruslan bertemu dengan Kang Juanda di Jln Desa Mekar Sari RT 04/Rw 06 Desa Mekar Sari, Kecamatan Cikajang, Garut, Selasa, 5 Januari 2020.
Kang Juanda menuturkan bahwa Komunitas Petani Kopi Garut Kidul memiliki nggota 950 orang di 13 kecamatan.


Ini adalah area potensial produksi kopi yang mencakup 2815 hektar, dengan jumlah kopi yg dihasilkan 280,15 ton pertahun permusim.
Kualitas kopi di jawa barat tertinggi karena lokasi tanam ada di ketinggian 1850 MDPL

“Kekayaan alam Indonesia memang luar biasa, kami akan bantu pasarkan juga,” kata Dedi.
“Soal rasa, tidak diragukan lagi. Mak nyus dan dahsyat,” imbuhnya.

Dedi menyebut, salah satu sektor yang mampu bertumbuh di saat pandemi adalah sektor pertanian, termasuk perkebunan kopi.

“Bisa menjaga ketahanan ekonomi rakyat,” tutupnya.

Reporter .( Jamaludin )

Indopostonline@gmail.Com

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.